Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan Mata dan Tips Menjaga Kesehatan Mata

04/07/2023 By Nissa 0

Peran mata sangatlah vital bagi manusia. Ada beberapa cara merawat kesehatan mata yang dapat Anda lakukan. Dengan mata yang sehat, Anda juga dapat melihat dengan tajam dan menjalani rutinitas sehari-hari dengan lebih nyaman.

Meski fungsi tersebut bisa menurun seiring bertambahnya usia, tetapi Anda masih bisa melakukan berbagai usaha untuk menjaga kesehatan mata dan mencegahnya dari berbagai gangguan mata.

Untuk menjaga kesehatan mata, anda juga dapat mengonsumsi Ikan. Salah satunya Ikan Salmon kandungan Omega-3 yang terdapat dalam salmon juga memiliki peran dalam mencegah mata kekering, mata lelah, dan penyakit degenerasi makula yang berkaitan dengan mata.

 

Manfaat Ikan Salmon

Berikut beberapa manfaat Ikan Salmon selain untuk menjaga kesehatan mata:

  1. Baik untuk jantung
    Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bagus untuk kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 merupakan jenis asam lemak tak jenuh yang dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh.
  2. Baik untuk kulit dan rambut
    Manfaat salmon juga bagus untuk kulit dan rambut. Hal Ini karena salmon mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan menambah kilau pada rambut.
  3. Mendukung perkembangan otak
    Kandungan asam lemak omega-3 bersama dengan vitamin A, vitamin D dan selenium mencegah kerusakan sistem saraf, bertindak sebagai antidepresan dan menenangkan otak.

 

Cara Merawat Kesehatan Mata

Menyadari betapa pentingnya peran mata, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga kesehatan mata, di antaranya:

  • Periksa mata secara teratur

Mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia, disarankan untuk memeriksakan mata secara berkala setidaknya dua tahun sekali.

  • Konsumsi makanan bergizi

Untuk menjaga kesehatan mata, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3. Beberapa nutrisi tersebut diketahui dapat melawan masalah mata yang terkait dengan penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula.

  • Hindari penggunaan perangkat elektronik terlalu lama

Menghabiskan waktu terlalu lama menatap layar komputer atau smartphone dapat menyebabkan mata menjadi lelah. Gejalanya dapat berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit di bahu dan punggung, mata kering, dan penglihatan kabur.

  • Hindari paparan sinar ultraviolet

Mata yang terpapar sinar ultraviolet secara berlebihan memiliki risiko lebih tinggi terkena katarak, degenerasi makula, luka bakar pada kornea, dan bahkan kanker mata.

  • Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang dapat menyebabkan kebutaan serta merusak retina mata. Oleh karena itu, jika Anda seorang perokok aktif, hentikan kebiasaan merokok mulai sekarang.

 

Gejala Peyakit Mata

Keluhan mata sering mengganggu kegiatan penderita. Karena itu, keluhan mata umumnya menimbulkan berbagai tanda yang menyebabkan ketidaknyamanan. Beberapa tanda umum keluhan mata adalah:

  • Mata merah
  • Terasa sakit
  • Rasa gatal
  • Kering
  • Berair
  • Pandangan kabur
  • Kepala terasa pusing saat mengarahkan pandangan ke satu objek

 

Faktor Risiko Penyakit Mata

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit mata, yaitu:

  • Penggunaan perangkat elektronik berlebihan.

Cahaya biru dari perangkat elektronik yang digunakan berlebihan dapat menyebabkan mata lelah atau mata kering. Kebiasaan ini akan berdampak lebih buruk pada anak-anak di bawah usia 18 tahun.

  • Gaya hidup yang tidak sehat.

Kurang mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Contohnya seperti wortel, sayuran berwarna hijau, buah-buahan, dan ikan yang mengandung omega-3 tinggi.

  • Penggunaan lensa kontak.

Jika digunakan terlalu lama dan tidak menjaga kebersihannya, penggunaan kacamata kontak dapat meningkatkan risiko penyakit mata, terutama mata merah.

  • Umur.

Semakin tua seseorang, maka semakin menurun pula kualitas fungsi mata.

  • Genetik.

Beberapa penyakit mata dapat diwariskan.

  • Penyakit tertentu.

Penyakit seperti diabetes atau tumor memiliki komplikasi yang mempengaruhi penglihatan.

 

Jika anda merasa repot untuk mengolahnya, anda dapat mengunjungi Pakne Mbokne Kuliner. Tempat Makan Spesialis Ikan yang memiliki banyak olahan Ikan. Berikut menu Ikan Salmon di Pakne Mbokne Kuliner:

Faktor Risiko Penyakit Mata

Untuk melihat detail Menu dan Harga Ikan Salmon Goreng bisa klik DISINI.

 

Cara Merawat Kesehatan Mata

Klik DISINI untuk detail Menu dan Harga Ikan Salmon Bakar